Senin, 30 Maret 2009

Sustainability di UKDW
UKDW merupakan kampus yang terletak startegis di pusat Kota Pelajar, Budaya, dan Pariwisata Yogyakarta, yang memiliki luas bangunan + 35000 m2.
Jika ditanya apakah bangunan UKDW substain atau tidak? Sebelum menjawabnya, maka kita perlu memperhatikan kesubstainan UKDW dalam konteks bangunan yaitu:

Physical Elemen (Elemen Fisik)
Bangunan di UKDW didukung oleh elemen-elemen fisik seperti dinding, kolom, balok, lantai, atap, pintu-jendela, dan ornamen-ornamen lain seperti sunscreen yang menjadi sebuah elemen yang mengikat dan menyatukan setiap bangunan yang ada di UKDW (Gedung Lama dan Gedung Baru).

Perception (Persepsi)
UKDW merupakan tempat untuk menuntut ilmu, sehingga fungsi bangunannya adalah sebagai tempat perkuliahan.akan tetapi ada beberapa unit ruang di UKDW dimanfaatkan untuk kegiatan-kegiatan lain seperti Kantor Administrasi (Biro II), Kantor Cabang Bank BRI dan BNI, ATM Centre, Perpustakaan, Unit fotocopy, Kopersi, Kantin, Kapel, dll. Sehingga bangunan UKDW sendiri tidak hanya dimanfaatkan sebagai tempat perkuliahan dan menuntut ilmu semata , melainkan sebagai tempat untuk mengaplikasikan ilmu yang ada.
Activity (Aktivitas)
Sebagian aktivitas yang terjadi di UKDW adalah perkuliahan antara mahasiswa dan dosen. Serta ditunjang pula dengan kegiatan-kegiatan lain sesuai dengan persepsi ruangnya sendiri.

Time (Waktu)
UKDW terdiri dari dua bangunan yang sering disebut Gedung Lama dan Gedung Baru. Disebut Gedung Lama karena bangunan tersebut memang sudah cukup lama berdiri yaitu sejak Tahun 1962, sedangkan untuk Gedung Barunya sendiri baru diresmikan di Tahun 2007 yang lalu. Dengan prestasi dan potensi yang dimiliki UKDW saat ini, bisa diperkirakan UKDW akan tetap ada bersama dengan dunia pendidikan.

Dari penjelasan diatas, maka dapat diambil suatu kesimpulan bahwa bangunan UKDW memang substain. Karena dilihat dari faktor elemen fisik, persepsi, aktivitas, dan waktu bangunan UKDW serta unit-unit ruangnya difungsikan dan dimanfaatkan sesuai dengan jenis kegiatan dan kebutuhan yang ada. Selain itu juga dalam arti luas Substainability merupakan kemampuan untuk mempertahankan proses tertentu… jadi sudah terbukti kalau Subsatainability di UKDW memang ada, dan Substainability tersebut diterapkan di setiap aspek kehidupan yang ada di sekitar kampus UKDW dan sekitarnya seperti munculnya tempat-tempat kos putera dan puteri untuk mahasiswa, warung-warung makan, warung internet (warnet), tempat foto copy-an, rental untuk pengetikan dan print, tempat cuci cetak foto, dan lain-lain… dapat dilihat bahwa Substainability yang tetap berlangsung dan terjaga dapat direspon oleh setiap aspek kehidupan yang ada…

Referensi: Wikipedia Indonesia, dan Mata Kuliah Teori Arsitektur 02

Tidak ada komentar: