Rabu, 26 November 2008

Ruang sisa yang ada di kampus Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta




Ruang-ruang yang ada di UKDW cukup menarik dan dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhannya. Akan tetapi tidak jarang juga kita bisa temukan ada begitu banyak ruang yang tersisa dan tidak terpakai sebagaimana mestinya. Seperti contohnya selasar yang ada di sebelah kanan bagian depan gedung Agape. Ruang tersebut berukuran 16m x 1,5 m.















Menurut fungsinya ruang tersebut difungsikan sebagai jalur sirkulasi pengunjung dari basement. Akan tetapi sampai sekarang ini ruang tersebut tidak terpakai, dan tidak terlihat aktivitas yang semestinya berlangsung di tempat tersebut. para dosen, karyawan kampus, dan mahasiswa kebanyakan menggunakan lift dari basement ke lantai 1 gedung Agape dan melewati atrium dan kafetaria yang ada di gedung Agape menuju ke ruang kuliah yang ada di gedung Didaktos.

Padahal ruang tersebut begitu menarik karena saat berada di situ kita akan merasa terlindungi oleh adanya tembok sunscreen dan pohon yang cukup besar. Selain itu bentuk ruang yang cukup menarik dan jumlah cahaya matahari yang masuk ke ruang tersebut cukup membantu dan menarik untuk seni fotografi.

Menurut saya, selain digunakan sesuai dengan fungsinya yaitu jalur sirkulasi, baiknya juga ruang tersebut dijadikan sebagai tempat nongkrong mahasiswa dengan berbagai aktivitas seperti hot-spot, berdiskusi, membaca, curhat, dan lain-lain. Karena keberadaan ruang itu sendiri sangat mencerminkan kenyamanan, kebersihan, dan ketenangan yang tentunya di dukung oleh fasilitas lain seperti colokan listrik dan tempat duduk di sepanjang selasar tersebut.

6 komentar:

Anonim mengatakan...

coba2 ngasih comment....

Anonim mengatakan...

coba2 ngasih comment...

antz_sirait mengatakan...

jane,,, cm mw blang kok fto yg pling bwh tuh tmpak blakang y????
btw, sketsanya bgus bgt...

hihihih....^^v

Anonim mengatakan...

jane,,,
TAS tlah tiba...

RoSasmita mengatakan...

Hai jane..
Bolehkah saya berpendapat mengenai tulisan kamu??

Em... Sebenernya ruang yg kamu maksud itu berfungsi. Walaupun tidak terlalu banyak. Kadang ada lho orang iseng yg menggunakan ruang itu dari dan menuju basement. Saya termasuk dari kategori orang iseng itu hehe...
Jadi mungkin benar yg ditulis seseorang dalam forum yg saya ikuti... Ruang sisa itu sebenarnya tergantung dari orang yg menikmatinya sendiri...
Dia bisa dikatakan ruang sisa, jika saya bukanlah orang iseng yg sering melewatinya.
Bener ga ya.. Kok aku jadi ragu juga tentang pengertian ini...
Sory ya jane aku juga lagi belajar. Hehe..

Ni alamat urlku
rosasmita.blogspot.com
diklik bgan namaku kadang juga isa
Thx jane

-rosa sasmita-

Anonim mengatakan...

komentarnya udah bisa berfungsi jane, trims atas tulisannya.
meski pun kebanyakan muji-mujinya...ha..ha..ha..